Notice: Undefined variable: web in C:\xampp\htdocs\dishidros\modul\modul-berita.php on line 211
TINGKATKAN PROFESIONALITAS TIM SURVEI TANGGAP SEGERA, PUSHIDROSAL GELAR MANLAP DI KEPULAUAN SERIBU
23/04/2018 10:05 WIB (admin)
 
 
Jakarta, 10 April 2018--- Guna meningkatkan profesionalitas Tim survei Tanggap Segera,  Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan Laut (Pushidrosal) menggelar manuvra lapangan (Manlap) Latihan Survei dan Pemetaan (Latsurta) Hidro-oseanografi TA. 2018 di perairan Pulau Pari dan Pulau Pramuka, Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu yang akan berlangsung selama 5 hari
 
Satgas Latsurta Hidros  secara resmi dilepas oleh Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H., dengan diawali apel kesiapan dan ditandai pelepasan KRI Pulau Romang-723 di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok Jakarta, Selasa (10/4).
 
Kapushidrosal dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa Manuvra Lapangan ini bertujuan untuk mempertahankan, meningkatkan dan melatih kemampuan, serta kesiapsiagaan kegiatan survei dan pemetaan personel dan Alut Sista Pushidrosal dalam melaksanakan tugas pokoknya di bidang hidrografi dan pemetaan, serta dalam mendukung kegiatan operasi bantuan TNI AL, utamanya unit Tim Survei Tanggap Segera yang difungsikan dapat bergerak dengan cepat melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi di laut.
 
Menurut Kapushidrosal, Tim Unit Survei Tanggap Segera yang dimiliki Pushidrosal ini juga telah diterjunkan ke Teluk Balikpapan untuk melaksanakan investigasi secara cepat dan menyeluruh terhadap terjadinya kebocoran pipa bawah laut di area perairan tersebut.
 
Orang nomor satu di jajaran Pushidrosal ini mengharapkan pada akhir latihan dapat tercapai tingkat ketrampilan dalam pengawakan peralatan survei, sesuai standar kualifikasi serta kompetensi yang disyaratkan oleh International Hydrographic Organization (IHO) sebagai surveyor yang handal, serta mampu mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI, khususnya dalam penyelenggaraan operasi penanggulangan bencana maupun dalam menjamin keselamatan navigasi di laut baik pada lingkup nasional maupun internasional.
 
Manuver lapangan Latsurta dilaksanakan di sekitar perairan Pulau Pari dan Pulau Pramuka Kepulauan Seribu dengan skenario latihan tentang kesiapan  Pushidrosal dalam mendukung upaya penanggulangan bencana di laut di seluruh perairan Indonesia. Gelar operasi dukungan berupa gelar operasi survei yang dilaksanakan untuk mengadakan investigasi secara menyeluruh terhadap terjadinya kecelakaan di laut dan penanggulangan terhadap dampak  kejadian tersebut, sebagai langkah mitigasi bencana serta bantuan SAR terhadap korban bencana di laut.
 
Dalam latihan yang melibatkan melibatkan Unit tanggap segera, KAL VEGA dan KRI Pulau Romang-723 ini dipraktekkan mengenai olah gerak kapal dalam kegiatan survei dan pemetaan hidro-oseanografi serta aplikasi teknis dan taktis dalam kegiatan surta hidros yang meliputi; pengukuran geodetik, pemeruman, pengukuran garis pantai, pengecekan sarana bantu navigasi, pengamatan pasang surut, pengukuran arus dan gelombang, pengumpulan data geografi fisik, serta pengumpulan data geografi maritime dan sosial.
 
Data hasil survei hidro-oseanografi  ini akan dibuat Lembar Lukis Lapangan (LLL) dan Lembar Lukis Teliti (LLT) yang akan dipergunakan untuk updating peta laut Indonesia dalam rangka menjamin keamanan bernavigasi bagi kapal kapal yg melewati perairan kepulauan seribu.
 
Ket. Gambar :
 
Manlap Latsurta. Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., S.H., M.H.saat memeriksa pasukan Manlap Latsurta Hidros di dermaga JICT, Tanjung Priok Jakarta.
 
 
 
 
 


Official Website Of Pushidrosal
Hydrography and Oceanography Center, Indonesian Navy
Jl. Pantai Kuta V No.1 Ancol Timur
Jakarta Utara Indonesia 14430
Email. infohid@pushidrosal.id
Phone. +6221-64714810 Fax. +6221-64714819